Hujan Pasir Sampai ke Kebumen


Hujan pasir akibat letusan Gunung Merapi, Jumat (5/11/2010) dini hari tidak hanya dirasakan di Kota Yogyakarta. Hujan pasir juga dilaporkan terjadi hingga Kebumen, yang berjarak sekitar 108 kilometer barat dari Kota Yogyakarta.

Salah satu warga Kebumen, Sugito, mengatakan butira yang jatuh kali ini lebih kasar daripada hujan abu yang turun di Kebumen pada saat Merapi meletus tanggal 26 Oktober 2010. Bahkan berbunyi mirip hujan ritik-rintik sehinga sempat dikira hujan air.

Saat akan berangkat sholat Subuh di musholla terdekat, subuh tadi, Sugito pun menggunakan payung. Namun, ia kaget saat sampai ke musholla karena payungnya tidak basah. Begitu juga saat pulang ke rumah. Setelah diamati baru diketahui kalau yang jatuh adalah butiran pasir halus.

Sampai berita ini diturunkan, hujan pasir masih terasa namun tidak dapat diamati karena langit masih gelap. Butiran pasir pun mulai memenuhi jalanan.

Seperti dilaporkan sebelumnya, merapi kembali meletus dini hari tadi. Saking dhsyatnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meningkatkan radius bahaya letusan Merapi dari 15 kiometer menjadi 20 kilometer. Akibat letusan ini, sebuah dusun, Brunggang, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman  hangus terbakar diterjang awan panas. Satu orang dilaporkan tewas dan puluhan luka bakar serius.

Iklan

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 5 November 2010, in Merapi membara. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: