Tiga Golongan Manusia Indonesia Seutuhnya


Pagi tadi saya berbincang dengan rekan sejawat di ruang kantor….

adapun hal menarik yang sempat dibicarakan adalah fenomena yang ada dewasa ini di Indonesia sebagai bumi pertiwi yang berbhineka tunggal ika….

Selain topik tadi, ada beberapa hal yang menarik perhatian saya…. sebagaimana disampaika orang ternama dari negeri ini… dan saya telaah memang benar juga sih kenyataannya…. mungkin klo kurang bisa ditambahkan.

Indonesia sebagai negara yang secara kultural berada pada kelompok negara timur adalah salah satu dari sekian bangsa yang menjunjung tinggi arti sebuah penghargaan (kali….), tata krama dan adat istiadat sangat kental di masyarakat kita (Indonesia), budaya seolah berada di tempat terhormat dalam menjamu dan menghibur para tamu kenegaraan dari mancanegara.

Di luar dari konsep ketimuran (yang mulai kebarat-baratan, tinggal nunggu waktu saja) ini, bangsa Indonesia adalah negara yang bisa saja dikatakan masih belum bebas dari sebuah Penjajahan. Budaya feodalisme seolah menjadi makanan sehari-hari bangsa tercinta ini. Saya tidak tahu padahal saya tidak hidup di era penjajahan puluhan tahun silam, namun kebebasan seolah saya belum temukan arti kebebasan tersebut. Ketika hendak mengurus sesuatu yang berhubungan dengan birokrasi “mas, jangan lupa nanti amplopnya taruh sekalian di dalem mapnya, yaa kasih aja segini….” (mohonmaaf bukan maksud seburuk yang kita pikirkan ya….).

Ada tiga golongan manusia yang hidup di bumi Indonesia (mungkin satu atau dua jam setelah postingan ini saya terbitkan akan ada 4, 5, 6, golongan atau lebih);  (1) orang dengan pendirian kukuh dan siap dengan segala kondisi apapun hidup dalam keadaan yang diridhai allah SWT dan siap menerima apapun implikasi dari prinsip yang dijalaninya, intinya biarpun miskin asal masih bisa makan makanan yang halal it’s oke, (2) orang dengan golongan yang siap hidup sederhana tapi takut miskin, dan yang ke(3) dengan jalan apapun siap dilakukan (mau halal kek, mau haram kek, bodo amat) asal duit ngalir ke rekening selalu, pokoknya tiada hari tanpa penghasilan dan pendapatan yang menjanjikan…..

Nah, ada lagi 3 golongan bila dari sebuah unsur politis:

  1. Teguh dengan pendirian dan siap menjadi oposisi manakala strategi dan kebijakan yang ada sudah menyimpang dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat Indonesia, idealism is that.
  2. sendiko dawuh gusti, apapun kata pimpinan (mau bener kek, mau salah kek), pokoknya apa kata pimpinan harus dilaksanakan, takut kualat klo gx dialankan. Implikasinya, menjadi seorang penjilat.
  3. nah yang ketiga ini, ampun deh…. jangan sampai anak, bini, cucu, mpe tujuh turunan jadi generasi yang nie…. siap jalankan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Budaya hasut-menghasut, tipu-menipu, saling menjatuhkan lawan politik dan prinsip adalah bukan hal aneh bagi golongan ni… klo pinjam istilah Mr. Virus (3 Idiots) “ini wajar dalam peperangan dan cinta”–red. Ujungnya, praktek pemerintahan yang tidak bersih, manipulasi dan kolusi menjadi pola hidup bangsa Indonesia.

tanpa adanya sebuah intervensi apalagi maksud untuk menyinggung dan menyakiti orang dan makhluk lain postingan ini terbit demi kesehatan yang lebih baik….

Kira-kira di manakah letak kesahalan yang ada terhadap perkembangan bangsa yang sedang dirundung kesedihan yang tiada akhir ini.

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 21 Mei 2010, in renungan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. mmmhhh… kira2… selain tiga glogan ne… mash ada lagi ngk? n pakah ne sdah bersfat paten, dan mengeneral?
    thinkyuuu…….

    eh! bgs jg ne blog….. hehehe

    • muhammad fajri

      thnks so much…. seiring perkembangan dunia usaha (ups… sory) seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan pola pikir dan peradaban manusia, saya yakin masih ada golongan yang lain di luar 3 golongan tsb… hanya saja saya belum temukan lagi, bisa tlg tambahkan…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: