75 Persen Soal Ujian SD Dibuat di Propinsi


Beda dengan soal Ujian Nasional (UN) untuk SMP dan SMA yang seluruhnya berasal dari pusat, soal untuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) didominasi oleh soal yang dibuat di tingkat provinsi. Dalam keterangan pers di Kantor Depdiknas, Kamis (1/4/2010), Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria mengatakan hanya 25 persen soal UASBN yang dibuat oleh pusat. Sisanya dibuat oleh daerah.

“Soal lainnya ini akan dikembangkan oleh daerah sesuai dengan standar masing-masing,” tuturnya. Soal-soal daerah akan dirumuskan oleh guru-guru dari seluruh kabupaten/kota di provinsi tersebut yang dipandu oleh tim dari pusat.

Guru-guru itu dipilih oleh Diknas provinsi berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh pusat. “Misalnya guru harus memiliki kemampuan yang baik, kemampuan menulis soal, dan sudah pernah ditraining,” tandasnya.

Menurut Ramli, perbedaan tata cara ujian akhir untuk SD ini disebabkan karena SD masih tergolong program Wajib Belajar (Wajar). Maka, karakternya pun unik, soal 25 persen dari pusat, 75 persen dari provinsi, kelulusan siswa diserahkan kepada sekolah.

Sumber: Kompas.com

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 2 April 2010, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: