Gita Cinta dari SMA


Tadi pagi di sebuah stasiun TV lokal saya lihat sebuah karya fenomenal yang pernah sukses di dunia perfilman di tanah air beberapa puluh tahun silam yang menceritakan tentang kehidupan seorang pria dan wanita di SMA (Gita Cinta dari SMA–red), coba diangkat ke panggung dalam bentuk drama musikal (klo g salah ya…) dan langsung ditangani oleh koreografer handal dari tanah air mas ari tulang, eh ternyata baru saja saya lihat di kompas.com tentang topikyang tidak berbeda. Yang mau bernostalgia, tidak ada yang melarang, lebih lanjut yuk marii…….

Monggo dipunnikmati piyambak……..

Cerita novel Gita Cinta dari SMA yang sangat populer di tahun 1979 yang juga telah ditayangkan sebagai cerita bersambung di rubrik “Oase” Kompas.com di angkat ke dalam drama musikal.

Cerita cinta sepasang remaja SMA bernama Galih dan Ratna, menjadi latar kisah yang pernah diangkat ke layar lebar dengan pemeran Rano Karno (Galih) dan Yessi Gusman (Ratna) di awal tahun 80an.

Kini, cerita novel itu diangkat ke panggung drama musikal bertema “Gita Cinta The Musical” di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, pada 19-22 Maret 2010.

Dalam panggung musikal itu, tokoh Galih dan Ratna akan diperankan oleh Mario “Kahitna” dan Mytha “Mamamia 2007 “.

Sesuai dengan alur novel Gita Cinta dari SMA yang menceritakan kisah cinta yang terlarang antara Galih Rakasiwi dengan Ratna Suminar lantaran cinta mereka terhalang oleh perjodohan dan norma keluarga.

Galih Rakasiwi anak sekolah yang miskin bersahaja namun pandai, ganteng, pintar bermusik dan jago membuat puisi yang selalu naik sepeda ke sekolah, tiba-tiba jatuh hati kepada Ratna Suminar, murid baru pindahan dari kota lain, yang merupakan seorang anak yang cantik dan kaya.

Mereka bersekolah disebuah SMU dengan guru-guru yang unik. Ada guru sejarah (Ary Kirana) dengan gayanya yang ketus, ada juga Guru Olahraga (Indra Bekti) yang konyol.

Karena keramahannya, Ratna langsung punya banyak teman dekat. Ratna pun menjadi rebutan para lelaki penebar pesona di sekolah tersebut, antara lain, Anto (Judika) yang selalu sibuk membukakan pintu mobil untuknya setiap pulang sekolah. Namun, Ratna justru menyukai Galih, apalagi ketika melihat permaian basket Galih yang begitu hebat. Sayangnya Galih justu acuh tak acuh terhadapnya, malah cenderung seperti tak peduli.

Sebenarnya, Galih menyukai Ratna. Hanya saja, Galih tidak mempunyai keberanian untuk mendekati Ratna karena merasa mempunyai perbedaan sosial. Berkat bantuan teman-teman Ratna dan Bibi Kantin (Tike “Extravaganza”), akhirnya Ratna berhasil mendekati Galih, dan hasilnya mereka pun berpacaran.

Kemesraan mereka dilalui dengan berpacaran naik sepeda sampai ke acara perkemahaan yang diadakan oleh sekolah. Di tepi danau mereka berjanji sehidup-semati melalui cara melempar batu ke seberang danau.

Namun, tindakan gegabah Galih ini mengakibatkan hal fatal, batu yang mereka lempar tidak sampai ke seberang danau. Ini mencerminkan sikap ayah Ratna terhadap hubungan mereka berdua!

Ayah Ratna (Surya Saputra) yang sangat menjunjung harkat dan martabat, sangat menentang hubungan mereka. Kekerasan ayah Ratna justru dimanfaatkan oleh Anto yang sakit hati karena ditolak Ratna. Anto beberapa kali mengadukan kepada ayah Ratna tentang pertemuan Galih dan Ratna yang akhirnya ayah Ratna memarahi anaknya dan mengusir Galih.

Pertentangan ini sebenarnya tidak disetujui oleh Ibu Ratna (Uci Nurul) dan adik dari ayah Ratna, Mbak Ning (Sita Nursanti). Mbak Ning sendiri bahkan juga pernah mengalami hal yang sama dengan Ratna. Kisah cinta Mbak Ning juga ditentang ayah Ratna karena perbedaan sosial di antara mereka.

Usaha mbak Ning  secara diam-diam untuk mempertemukan galih dan Ratna pun mengalami hal buntu. Tidak hanya itu Anto pun melakukan usaha pengecut dengan mengeroyok Galih yang untungnya Galih masih bisa diselamatkan oleh temannya.

Singkat cerita, pada saat kelulusan sekolah, Galih dan Ratna terpilih sebagai siswa teladan. Ratna ingin hadir namun dilarang oleh ayahnya karena sang ayah tidak menginginkan Ratna untuk menemui Galih.

Tetapi Ratna berhasil datang dan naik ke atas panggung menerima penghargaan, tapi lagi-lagi Ayah Ratna mengetahi rencana ini dari Anto dan menyusul untuk menarik ¨Ratna pulang. Terjadi keributan dan Ratna tetap diseret pulang.

“Gita Cinta The Musical”, merupakan pertunjukan drama musikal hasil kolaborasi karya Maera Hanafiah (produser), Sulung Landung (asisten produser), Ari Tulang (koreografer), Dian Hp (komposer) yang berhasil mementaskan kisah cinta Galih dan Ratna ke atas panggung drama dengan berbagai macam seting latar belakang penuh kejutan, kekonyolan, yang tentu saja dibalut dengan nyanyian sepanjang pertunjukan sebagai pengganti dialog. Tak ketinggalan pula bumbu cinta dan haru menjadi pelengkap konser drama musikal yang sarat edukasi tersebut.

Ini sepenggal kisah yang dapat dinikmati dari versi perdananya Gita Cinta dari SMA

Diambil dari: http://oase.kompas.com/read/2010/03/20/12115228/Gita.Cinta.dari.SMA.Diangkat.ke.Panggung

Iklan

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 20 Maret 2010, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: