Kedatangan Obama Bukti Indonesia Punya Peran Penting di Dunia Internasional


Jakarta – Kedatangan Presiden AS, Barack Obama ke Indonesia pada tanggal 23 Maret nanti, dinilai sebagai momen berharga bagi Indonesia untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa RI punya peran penting.

“Sekarang momen penting bagi Indonesia untuk menjadikan Amerika Serikat mempertimbangkan peran negara ketiga,” kata Pengamat Politik UI, Siti Juhro usai memberikan kesaksian sebagai ahli di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (17/3/2010).

Siti mengatakan, saatnya Indonesia punya peran jika ingin diperhitungkan. Pada zaman Soekarno, menurut Siti, Indonesia mampu memainkan peran itu dengan menjadi terdepan di antara negara-negara dunia ketiga.

Lebih lanjut, Siti juga menyarankan agar Indonesia sebagai negara mayoritas islam, memberikan penekanan kepada dunia internasional bahwa islam bukan ancaman.

“Bukan hanya masalah mengenang masa lalu Obama belaka, tapi lebih dari itu. Ini sangat penting dan sudah diperhitungkan dalam dunia internasional,” tuturnya.

Siti pun mengomentari terkait adanya sejumlah kelompok yang menolak kedatangan Obama. Menurutnya, kelompok yang menolak jangan terlalu stereotype.

“Saatnya kita menunjukkan inilah Indonesia, negara demokrasi terbesar. Ada yang pro, ada yang kontra. Tapi semua bisa berjalan dan Obama bisa datang dengan aman,” pungkasnya.

Iklan

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 17 Maret 2010, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: