Pengaruh design themes blog terhadap kesuksesan blog


Design Themes, hate or love…?

Bro & Sist, saat ini terdapat jutaan blog yang ada di dunia. Dan sebagian dari kita mungkin mengunjungi puluhan blog setiap hari, baik untuk tujuan blog walking, atau mencari informasi yang kita perlukan. Tapi penahkah kamu memperhatikan design blog yang kamu kunjungi itu…? Dan pernahkah kamu bertanya, mengapa banyak blogger yang “mati-matian” mendesign sebuah blog…? Atau bahkan mereka rela merogoh kocek yang dalam hanya untuk membeli sebuah Premium Themes…?

Nah, disini aku akan menjelaskan beberapa pandangan ku tentang pengaruh themes terhadap kesuksesan blog.

Blog mempunyai kelebihan dalam hal penggantian themes jika dibanding dengan web tradisional. Pertanyaan nya, mengapa banyak blogger yang sering mengganti themes…?

Sebagian alasan blogger untuk mengubah themes yang cukup sering adalah karena ketersediaan ribuan themes yang berbeda (terutama untuk WordPress), dan sebagian besar gratis. Dan aku rasa faktor lain adalah blogger menginginkan tampilan yang lebih fresh dengan “wajah” barunya. Yang tentunya hal ini dilakukan oleh blog yang memiliki banyak pengunjung agar pengunjung yang datang kembali dilain waktu tidak merasa jenuh karena melihat tampilan yang itu-itu saja.

Seberapa sering harus mengganti themes…?

Penggantian themes jangan terlalu sering dilakukan. Hal ini mengingat bahwa mungkin ada pengunjung setia blog yang tidak memperdulikan design, namun mereka hanya fokus pada isi blog saja. Selain itu, perubahan themes memungkinkan juga pengunjung mengalami kesulitan dalam menjelajahi blog kamu, karena berubahnya layout dan tata letak.

Perlu diingat, themes yang menarik tidak menjamin pertumbuhan blog…!!!

Apa saja faktor yang menunjang kesuksesan blog…?

Themes harus unik…!

Tidak diragukan lagi, design kualitas tinggi akan membantu sebuah blog, tapi jelas ada faktor lain yang memainkan peran penting dalam keberhasilan blog. Namun, hal ini kurang berdampak pada jangka panjang. Karena keberhasilan blog dihitung pula dari kualitas konten. Pembaca blog ingin melihat desain bagus, begitu juga dengan konten yang benar-benar membuat mereka datang kembali.

Pemasaran merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan blog. Beberapa blogger menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang dari usaha promosi, dan sebagian lain membuat konten dan menunggu yang lain untuk memasarkannya. Apapun strategi pemasaran yang dipilih mempunyai tujuan yang sama, yaitu popularitas agar blog tumbuh berkembang.

Saat blog telah sukses, konsistensi juga penting. Jangan sampai kesuksesan membuat kamu bersantai dan tidak lagi merawat blogmu. Atau mungkin sebaliknya, karena blog mu dinilai kurang sukses, maka kamu frustasi dan tidak melanjutkan aktifitas blgogging mu.

Mungkin diantara kita pernah melihat blog dengan niche yang bagus dan dengan desain yang bagus pula. Pertanyaannya kemudian menjadi “Apakah blog tersebut berhasil karena desain, atau custom themes yang membuat blog berhasil..?”

Dengan banyaknya blog luar sana dan banyaknya themes, blog dengan custom design yang baik akan mudah dikenali. Menurut pendapatku, yang paling penting adalah seberapa besar manfaat dari custom themes. Sebagai pembaca tetap yang datang ke blog kamu beberapa kali dalam seminggu, mereka sudah semakin kecil kemungkinannya memperhatikan desain kamu. Mereka hanya mengharapkan apa yang mereka dapatkan setelah beberapa kali mengunjungi blog mu, dan tentunya konten yang berkualitas akan terus mereka tunggu dan akan membuat mereka datang kembali.

Di lain sisi, desain blog dapat memiliki dampak yang besar pada kesan pertama dari pengunjung baru, seperti yang pernah aku jelaskan pada artikel sebelumnya tentang tips mendesign blog yang menarik. Selain itu, custom themes juga dapat membangun branding yang kuat karena gambar yang unik dan bagus dapat melekat kuat di fikiran pengunjung blog kita. Faktor-faktor ini tidak boleh diabaikan, dan itu berarti bahwa design blog dan tampilan dapat berpengaruh pada tingkat keberhasilan.

Dari beberapa pandangan ku diatas, aku mengambil kesimpulan bahwa : Desain blog dapat sangat membantu tingkat keberhasilan blog dengan mengimbangi bagaimana menekankan konten yang berkualitas. Agar pengunjung dapat menghargai konten, desain harus baik dan tidak mengganggu pengunjung.

Bagaimana pendapat kamu…?

artikel ini saya adopsi dari : http://dhenk.com/pengaruh-design-themes-blog-terhadap-kesuksesan-blog

Iklan

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 3 Januari 2010, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: