PENGEMBANGAN MODEL DISAIN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS


KELAS/SEMESTER : IV/2 MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI POKOK : MASALAH SOSIAL ALOKASI WAKTU : 12 X 35 menit (6 pertemuan) PERANCANG : MUHAMMAD FAJRI INGE DINI ASITA DEWI PURNAMASARI Standar Kompetensi 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi Kompetensi Dasar 2.4. Mengenal permasalahan sosial di daerahnya Indikator 2.4.1. Mendeskripsikan definisi masalah sosial 2.4.2. Menemukan contoh-contoh masalah sosial yang terjadi berdasarkan pengalaman 2.4.3. Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya permasalahan sosial berdasarkan pengalaman 2.4.4. Menjelaskan cara penyelesaian dalam mengatasi masalah sosial yang terjadi 2.4.5. Menghubungkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masalah sosial Situasi – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian cepat dan mengkhawatirkan – Munculnya kawasan-kawasan elit seperti perkantoran dan apartemen mewah semakin menjamur di kota Jakarta – Hal ini membuat warga pribumi (penduduk asli) menjadi tersingkir oleh proyek tersebut (kawasan elit) – Dengan modal awal pada pengalaman siswa dan study literatur dengan mencari sumber yang relevan tentang masalah sosial, siswa diharapkan mampu; a. mendefinisikan pengertian masalah sosial b. menemukan contoh masalah sosial yang terjadi di Jakarta c. mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya masalah sosial d. menemukan solusi untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi e. menentukan sektor-sektor terkait yang ikut berperan dalam proses terjadinya masalah sosial – Melalui diskusi kelas, siswa membuat rangkuman dan kesimpulan masing-masing berdasarkan hasil pembahasan materi tentang masalah sosial Tim – Pembagian kelompok kelas (5 siswa/kelompok), didasarkan pada pokok pembahasan sehingga tiap siswa dalam kelompok mempunyai proporsi 20% dari keterlibatannya pada kelompok masing-masing (tiap siswa mendapat beban materi pokok yang sama) – Dengan proporsi materi pokok pembelajaran yang sama nantinya dikolaborasikan pada tiap kelompok sehingga tercapai suatu kesimpulan masing-masing kelompok yang nantinya dipresentasikan dalam diskusi kelas Penghubung (bridge) Dengan modal awal pada pengalaman dan pengetahuan peserta didik, maupun sumber-sumber elektronik maupun lainnya tentang masalah sosial, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara; – Kerja kelompok dengan mendiskusikan materi pokok pembelajaran tentang masalah sosial – Menganalisis dan menemukan solusi terhadap permasalahan sosial berupa kesenjangan kehidupan masyarakat kota karena maraknya pembangunan kawasan permukiman elit berupa apartemen yang membuat masyarakat pribumi terpinggirkan oleh proyek tersebut – Menentukan dan menghubungkan hal-hal yang berkaitan dengan masalah sosial yang terjadi Pertanyaan – Apa yang dimaksud dengan masalah sosial? – Mengapa muncul masalah sosial? – Sebutkan satu bentuk masalah sosial yang terjadi di Jakarta! – Langkah apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sosial? – Jelaskan sektor-sektor terkait yang ikut berperan terhadap proses masalah sosial yang terjadi! Pameran – Tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas tentang masalah sosial (definisi, identifikasi masalah/contoh masalah sosial, solusi, dan hal-hal lainnya yang terkait dalam masalah sosial) – Tiap kelompok membuat kliping tentang bentuk masalah sosial yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya Refleksi – Melalui diskusi kelas, siswa membuat rangkuman dan ulasan tentang materi pembelajaran yang dilakukan – Siswa menganalisis proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan menentukan titik kelemahan dari metode (proses) pembelajaran, materi yang dibahas, dan kesimpulan akhir dari proses pembelajaran yang dilaksanakan

Iklan

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 26 Mei 2009, in education. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: