proposal_pengajuan alat lab ipa


PROYEK PROPOSAL

PERMOHONAN PERALATAN LABORATORIUM SAINS

SD NEGERI MENTENG ATAS 04 PAGI

Jl. DR. Sahardjo No. 121, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan

 

 

LATAR BELAKANG

Fenomena dunia pendidikan senantiasa berubah seiring berjalannya waktu dan perubahan jaman yang begitu cepat dewasa ini. Penyesuaian yang signifikan sangat penting dilakukan oleh pelaksana pendidikan, agar tidak terjadi ketertinggalan dalam hal perkembangan dunia pendidikan khususnya dan dunia umum maupun lain.

Pembukaan Undang – Undang Dasar Republik Indonesia mengamanahkan bahwa bangsa haruslah tinggi tingkat pendidikan dan pengetahuannya. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. mencedaskan kehidupan bangsa bukanlah langkah yang mudah walaupun dilakukan solusi yang signifikan untuk mencapainya.

Sebagai seorang pendidik harus amanah dalam melaksanakan tugasnya untuk mendidik generasi bangsa sangatlah tidak mudah bila tanpa disokong pihak – pihak yang terkait dan dukungan yang pasti. Pendidik tidak akan berperan sebagai single fighter, oleh karenanya sebagaimana telah disampaikan di depan sokongan dan dukungan baik secara material maupun non material sangatlah dibutuhkan demi tercapainya cita – cita mulia ini.

Pembelajaran dalam proses pendidikan sangatlah beragam macam dan jenisnya, hal itu tergantung bagaimana karakteristik dan model subjek pembelajar dalam hal ini adalah siswa sebagai peserta ajar. Indikator keberhasilan proses pembelajaran tergantung dari bagaimana seorang pendidik dalam hal ini adalah guru mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh siswa sehingga proses pembelajaran tidak menjadi hal yang menjemukan tetapi menyenangkan. Oleh karenanya, kreatifitas guru dalam mengembangkan materi ajar sangatlah penting sebagaimana diamanahkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang tealh dicetuskan dan sedang berjalan pada saat ini.

Tiap – tiap mata pelajaran tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda dengan pelajaran lainnya, hal ini semakin memberi tantangan abgi guru sebagai pengembang dan pengorganisasi materi pembelajaran di dalam maupun di luar kelas dalam proses pembelajaran. Diantara beberapa mata pelajaran di Sekolah Dasar, proses pembelajaran sains sangatlah menyenangkan bila disajikan secara baik dan kreatif, akan tetapi hal ini dapat menjadi membosankan bila guru tidak mampu mengorganisasikan pembelajaran sains ini dengan baik. Sains akan lebih menarik bila proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan praktikum. Namun dalam proses pembelajaran secara praktikum ini, sangat banyak hal – hal yang tentunya harus dipenuhi demi tercapainya indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran yang optimal, diantaranya dengan adanya peralatan maupun media pembelajaran relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari siswa.

Pemilihan perlengkapan laboratoruim untuk menunjang proses pembelajaran sains untuk kegiatan praktikum tidaklah mudah, peralatan sains dalam laboratorium memang mudah didapatkan, akan tetapi mencari dan menyesuaikan perlengkapan/peralatan laboratorium sains yang sesuai standar mutu dan kualitas  tidaklah mudah dan tentunya tidak murah pula. Oleh karena itu, Sekolah Dasar Negeri Menteng Atas 04 Pagi mengajukan proposal ini, guna tercapainya pembelajaran yang optimal dalam kegiatan pembelajaran sains di laboratorium. Hal ini dirasakan perlu karena minimnya peralatan untuk uji coba sains di laboratorium IPA yang ada di Sekolah dan sudah banyak beberapa peralatan yang sudah tidak layak pakai maupun rusak dan hilang.

DASAR PEMIKIRAN

·                    Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

·                    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Sebagaimana telah diuraikan di atas, maksud dan tujuan dari pengadaan penambahan peralatan Laboratorium Sains di SD Negeri Menteng Atas 04 Pagi, antara lain ;

·                    Menambah alat peraga maupun perlengkapan di laboratorium IPA SD Negeri Menteng Atas 04 Pagi

·                    Menunjang proses pembelajaran sains dengan memanfaatkan laboratorium secara optimal

·                    Menyajikan pembelajaran sains secara konstekstual dalam proses pembelajaran agar siswa lebih senang dan tidak jenuh dalam belajar sains di laboratorium

·                    Meningkatkan minat dan bakat siswa dalam pembelajaran sains

 

RINCIAN PENGAJUAN PERALATAN LABORATORIUM IPA

Guna menunjang proses pembelajaran dan praktikum sains berikut perlengkapan/peralatan laboratorium sains yang diajukan, antara lain ;

·                    KIT IPA

·                    Lemari Laboratorium

·                    Meja dan kursi Demo

·                    Kerangka Manusia

·                    Microskop

·                    Alat Pemadam Kebakaran

 

 

PENUTUP

 

Demikian uraian singkat pengajuan proposal Pengajuan Peralatan laboratorium Sains di SD Negeri Menteng Atas 04 Pagi ini kami ajukan agar dapat dijadikan acuan dan bahan pertimbangan bagi pihak terkait dalam memberikan dukungan, ijin, kontribusi, dan partisipasinya.

Besar kiranya harapan kami rencana ini dapat terrealisasi dengan baik sesuai dengan apa yang telah dicita – citakan oleh kita bersama, serta diajukan untuk mendapat persetujuan.

Iklan

About muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 28 Maret 2009, in org yoi cuy. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Makasih banyak ya…….Teman atas referensi Proposalnya………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: