PENGEMBANGAN MODEL DISAIN PEMBELAJARAN KBM PROGRAM


PENGEMBANGAN MODEL DISAIN PEMBELAJARAN

DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER 1

TENTANG KENAMPAKAN BUATAN DI JAKARTA

SEBAGAI IBUKOTA NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Komponen Sub Komponen Penjelasan
Pantau Pebelajar (Peserta Didik) Karakteristik Umum -         Siswa kelas V Sekolah Dasar di wilayah DKI Jakarta ;

  1. Menurut tahap perkembangan kognitif (Jean Piaget[1]) pada masa akhir tahap perkembangan operational konkrit dan memasuki tahap perkembangan operational formal (11 – 12 tahun) telah mampu memecahkan masalah secara logis namun masih terbatas dalam hal yang bersifat konkrit (belum abstrak),
  2. Mampu menyusun hipotesa/dugaan sementara  yang masih bersifat sederhana,
  3. Kemampuan berpikir kritis yang telah berkembang.

-         Lingkungan di wilayah DKI Jakarta sebagai ibukota negara Republik Indonesia yang sangat cepat dalam hal pembangunan di berbagai sektor,

-         Pengembangan materi secara kontekstual yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari siswa (kenampakan buatan).

Kompetensi Awal “Konsep Kenampakan Alam dan Buatan di Kota Besar Seperti Jakarta Sebagai Ibukota Negara RI“

Yang telah dipelajari sebelumnya di kelas III/1 SD dengan materi pokok tentang

“Lingkungan Buatan”

dan di kelas IV/1 tentang

“Kenampakan Alam”

Gaya Belajar Audio-visual

Kinestetik

Rumuskan Tujuan Pembelajaran Umum
  1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman dan kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di indonesia

1.3.   Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya

Khusus Audience

  1. Siswa kelas 4 Sekolah Dasar di Jakarta
Behavior

  1. a. Kognitif

1.3.1.  Menemutunjukan contoh kenampakan buatan

1.3.2.  Mendeskripsikan contoh kenampakan buatan

1.3.3.  Mengelompokkan jenis kenampakan buatan

1.3.4.  Menjelaskan fungsi kenampakan buatan berdasarkan jenisnya

1.3.5.  Menjelaskan pengertian kenampakan buatan

1.3.6.  Mendeskripsikan dampak negatif munculnya kenampakan buatan

1.3.7.  Mendeskripsikan dampak positif munculnya kenampakan buatan

b. Afektif

1.3.8.  Menunjukan sikap yang baik untuk menjaga kenampakan buatan yang sudah ada

Conditions

  1. buku IPS Kelas V. Jakarta: ESIS. 2008, hal. 27 – 30
  2. setelah melakukan kunjungan ke suatu tempat yang termasuk kategori kenampakan buatan, seperti kawasan industri terpadu Sudirman, jalur busway di sepanjang jalan protokol Jakarta, danau Setiabudi di Jakarta Selatan, danau Sunter di Jakarta Utara, dan sejenisnya.
Degree

  1. penyelesaian lembar evaluasi (kognitif) minimal 80% benar
  2. hasil kerja kelompok menunjukan presentase sama sebesar 80% sesuai tentang “Kenampakan Alam”, dengan materi diskusi ;

-    pengertian kenampakan buatan,

-    fungsi kenampakan buatan,

-    mengelompokkan jenis-jenis kenampakan buatan,

-    mendeskripsikan akibat negatif dan positif adanya kenampakan buatan,

-    menunjukkan sikap yang baik untuk memelihara dan menjaga kenampakan buatan

Olah Materi Ragam Pengetahuan
  1. Fakta

Istilah    : Jakarta

Rincian  : Jakarta sebagai ibukota Negara Republik Indonesia

  1. Konsep

Abstrak  : cara menjaga kenampakan alam (gagasan/ide)

Konkret  : gedung sebagai contoh kenampakan buatan

  1. Prinsip    : agar kenampakan buatan dapat dimanfaatkan dalam waktu lama maka penggunaannya harus sesuai prosedur yang ada dan selalu dirawat dan dijaga
Sifat Pengetahuan Konsep lingkungan alam dan buatan (pengertian)

Jenis-jenis lingkungan buatan secara umum

Alternatif Penyajian CTL (contextual teaching learning) dengan penekanan pada tiga hal[2], antara lain ;

-        keterlibatan siswa pada proses pembelajaran pada kegiatan menemutunjukan contoh kenampakan alam dan menjelaskannya, konsep (pengertian) kenampakan alam yang dialami dan disaksikan siswa dalam kehidupan sehari-hari,

-        mendorong siswa untuk menemukan hubungan antara materi pembelajaran (kenampakan buatan) dengan kehidupan nyata melalui contoh dan deskripsi beserta fungsi dari kenampakan alam tersebut,

-        mendorong siswa untuk menunjukan dan menerapkan sikap yang baik untuk menjaga dan memelihara kenampakan alam yang sudah ada.

Gunakan Media, Sumber belajar, dan Metode Yang Sesuai Media Model/gambar kenampakan buatan seperti gedung, jalan, danau/waduk, kolam, dan sejenisnya
Sumber Pembelajaran
  • Teks buku
  • Surat kabar yang memuat tentang kenampakan buatan
  • Contoh kenampakan buatan (waduk, kolam, danau, gedung BI, dll)
Metode
  • Demonstrasi
  • Pengamatan/observasi
  • Tanya jawab
  • Kerja kelompok
Renungkan Sejenak Refleksi Diri -
Diskusi Dengan Mitra Pengajar (Teman Sejawat) -
Kiat 1 K 2 Siapkan -
-
Atur Kegiatan Pebelajar (Peserta Didik) Pembagian Tim Pembagian kelompok siswa dengan ketentuan satu kelompok maksimal empat siswa berdasarkan penyebaran materi yang didiskusikan antara lain;

  1. Pengertian kenampakan buatan
  2. Contoh kenampakan buatan
  3. Contoh kenampakan buatan yang ada di Jakarta
  4. Jenis kenampakan buatan
  5. Akibat negatif dan positif adanya kenampakan buatan
  6. Cara menjaga kenampakan buatan
Alokasi Waktu Langkah pembelajaran/alokasi waktu per kegiatan

  1. Siswa membuat kelompok kerja (maksimal 4 orang dalam satu kelompok)
  2. Materi Pembelajaran diselesaikan dalam waktu 8 x 35 menit (4 x pertemuan), dengan rincian sebagai berikut ;
    1. Pertemuan pertama
      1. Pengertian kenampakan buatan (konsep)
      2. Contoh kenampakan buatan secara umum
      3. Tindak lanjut melakukan pengamatan di lingkungan rumah tentang contoh kenampakan buatan
  3. Pertemuan kedua
    1. Membahas hasil pengamatan di luar sekolah/lingkungan tempat tinggal berupa gedung, jalan, dan sejenisnya yang termasuk jenis kenampakan buatan
    2. Mengelompokkan contoh-contoh kenampakan buatan ke dalam suatu kategori tertentu (berdasarkan buku – ESIS. 2008)
  4. Pertemuan ketiga
    1. Mencari dan menemukan akibat negatif dan positif munculnya kenampakan buatan
    2. Mencari dan menemukan akibat negatif dan positif munculnya kenampakan buatan di Jakarta
  5. Pertemuan keempat
    1. Menemukan cara yang baik untuk menjaga dan memelihara kenampakan buatan agar dapat dimanfaatkan dalam waktu lama
    2. Merangkum materi pembelajaran secara keseluruhan tentang kenampakan buatan di Jakarta
Pengamatan Tim Belajar + tanya jawab Penilaian proses pada saat proses pembelajaran di kelas pada aspek keterlibatan siswa secara personal, maupun kerjasama tim
Menilai Hasil Penilaian Hasil Metode penilaian ;

  1. Tes, dan
  2. Nontes (pengamatan)

Instrumen soal ;

  1. Tes
    1. Apa yang kamu ketahui tentang kenampakan buatan ? jelaskan jawabanmu!
    2. Sebut dan jelaskan 3 contoh kenampakan buatan yang ada di Jakarta!
    3. Sebutkan masing-masing 2 akibat negatif dan positif dari munculnya kenampakan buatan di Jakarta
    4. Bagaimana caranya agar kenampakan buatan yang telah diciptakan dapat digunakan sampai waktu yang lama?
    5. Non-tes

Rubrik penilaian non-tes

Penilaian Portofolio -
Penilaian Proses Pembelajaran

SUMBER RUJUKAN

Papalia, Diane E, et.al. Human Development. Mc Graw Hill Companies. 2008.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2006.

Tim Penyusun. Ilmu Pengetahuan Sosial 5 untuk kelas 5 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyyah. Jakarta: ESIS. 2008


[1] Papalia, Diane E, et.al. Human Development. Mc Graw Hill. 2008. h, 38

[2] Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2006.

About these ads

Tentang muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 27 Maret 2010, in education and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.120 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: