Pelatihan Motivasi Guru bisa Jadi Percontohan


BANDUNG–Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengapresiasi program pelatihan motivasi guru yang diselenggarakan PT Telkom dan Harian Umum Republika. Heryawan berharap kegiatan yang didanai dari program Coorporate Social Resposilibility (CSR) PT Telkom tersebut menjadi percontohan bagi BUMN lain dalam membantu masyarakat melalui masing-masing dana sosialnya.

Apresiasi dan harapan itu disampaikan Heryawan saat membuka dan memberi pembekalan dalam kegiatan pelatihan motivasi guru dengan tema ‘Bagimu Guru Kupersembahkan’ di Pusdiklat Telkom, Jl Gegerkalong, Bandung, Kamis (19/11). Kegiatan tersebut merupakan tahapan ke empat angkatan dua yang berlangsung 19-20 November 2009.

Kegiatan tersebut melibatkan 65 guru dari 35 SD, SLTP, dan SLTA dari wilayah Bandung Raya. Hingga tahun 2010, ditargetkan 10 ribu guru mengikuti kegiatan tersebut. Hadir daam acara tersebut Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, PGS SGM CDC Pt Telkom, Wien Aswantoro Waluyo, dan Pemimpin Redaksi Harian Umum Republika, Ikhwanul Kiram Mashuri.

Heryawan menjelaskan, di Jabar terdapat sekitar 200 ribu guru. Menurut dia, diharapkan kegiatan serupa dilakukan pula oleh BUMN lain kepada guru yang belum pernah mengikuti pelatihan motivasi. Dijelaskan dia, CSR merupakan program untuk membersihkan rezeki atau keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Sementara proses pembersihan rezeki pribadi, papar dia, melalui dana zakat.

Dia menegaskan, guru merupakan profesi yang sangat signifikan dalam menyelamatkan bangsa. Kata dia, motivasi kepada guru sangat dibutuhkan. Pasalnya, sambung dia, seorang guru tidak cukup hanya berperan sebagai penyampai mata pelajaran. Dia menjelaskan, guru harus bisa mencetak siswa yang berkualitas baik ilmu dan moral siswanya.

‘’Guru harus menjadi seorang yang visioner dan inovatif untuk mencetak siswa yang berkualitas,’’ ujar Heryawan di hadapan puluhan peserta program pelatihan motivasi guru, Kamis (19/11). Khusus di Jabar, jelas dia, tantangan yang harus dihadapi guru cukup berat. Paling tidak, papar dia, saat ini tingkat partisipasi usia siswa SMA baru 53 persen, SMP 92 persen, dan SD 95,6 persen.

PGS SGM CDC Pt Telkom, Wien Aswantoro Waluyo, menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan wujud pertanggungjawaban kepada masyarakat. Dia menandaskan, proses tersebut akan menyentuh 100 kota dan kabupaten di tanah air.

Dia menjelaskan, melalui program tersebut, PT Telkom berupaya mendorong guru agar meningkatkan kualitas intelektual dan emosionalnya. Wien menyatakan, sudah saatnya guru mengembangkan komunitas baru yang ramah Informasi Teknologi (IT).

‘’Salah satu indikator keberhasil dunia pendidikan pada kualitas guru,’’ ujar Wien dalam sambutannya di Pusdiklat Telkom, Bandung, Kamis (19/11).

Pemimpin Redaksi Harian Umum Republika, Ikhwanul Kiram Mashuri, menyatakan, dalam kegiatan pelatihan motivasi guru, disiapkan nara sumber berskala nasional. Menurut dia, banyak menteri dan gubernur yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

Pihaknya menyatakan, guru yang menjadi peserta kegiatan itu diharapkan bisa menangkap ilmu dan wawasan pejabat pusat dan daerah yang dihadirkan sebagai nara sumber. ‘’Alhamdulillah, demi guru banyak pejabat yang rela meluangkan waktunya, termasuk gubenrur Jabar,’’ ujarnya. san/kpo

http://www.republika.co.id/berita/90416/Pelatihan_Motivasi_Guru_bisa_Jadi_Percontohan

Tentang muhammad fajri

manusia hidup untuk berusaha, dengan berusaha manusia akan hidup dan dengan berusaha pula manusia akan dapat menghidupi dirinya sendiri dan orang lain

Posted on 17 Desember 2009, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.120 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: